HIMAMI Melantik Pengurus Periode 2019-2022

  • Monday, 22 July 2019
  • 1,190 view
HIMAMI Melantik Pengurus Periode 2019-2022 Pelantikan Pengurus HIMAMI

Jakarta, 30 Juni 2019 – Himpunan Alumni Maroko di Indonesia (HIMAMI) mengadakan agenda pelantikan pengurus periode 2019-2022 di Graha Nurani, Pasar Minggu Jakarta pada tanggal 30 Juni 2019. Acara ini dihadiri oleh segenap alumni Maroko dari kalangan cendekiawan, tokoh, ulama, dan lainnya yang sudah kembali dan berkiprah di Indonesia. Agenda tersebut dibuka oleh acara Halal Bihalal yang dipimpin oleh Dr. KH. TB Ade Asnawi, DESA (Dosen UIN Syarif Hidayatullah) dan Orasi Ilmiah dengan tema “Diskursus Wasathiyyah: Pengalaman Indonesia dan Maroko” yang disampaikan Dr. H. Eka Putra Wirman, Lc., DESA. (Rektor UIN Imam Bonjol Padang).

Pada saat agenda dimulai, Bapak H. Tosari Wijaya selaku Mantan Duta Besar RI untuk Maroko menyampaikan sambutan dan menekankan agar para alumni Maroko membangun kembali jembatan peradaban dan budaya antara Indonesia dan Maroko sebagaimana misalnya menerbitkan karya-karya Ulama dan Cendekiawan dari Indonesia ke bahasa Arab dan Prancis agar dapat disebarluaskan dan bermanfaat bagi para ilmuwan Maroko. Begitu juga, Eka Putra Wirman selaku alumni Maroko yang sukses menjadi Rektor UIN Imam Bonjol Padang menegaskan bahwa Islam adalah agama yang moderat (wasathiyyah) yang memiliki relevansi dan tak akan lekang oleh zaman sebagaimana diketahui juga bahwa moderasi keberagaman telah dicontohkan oleh Rasululullah SAW dari 1440 tahun yang lalu, tuturnya.

Penyerahan surat keputusan pelantikan pengurus ditandatangani oleh Ketua pengurus sebelumnya yaitu Dr. H. Torkis Lubis, Lc. DESS (Ketua STAIN Medina) kepada Dr. KH. M. Ilyas Marwal, M.M., DESA (Pimpinan Pesantren Nurani Jakarta) selaku Ketua yang akan menakhodai kepengurusan yang baru. Pada sambutan perdananya Ilyas Marwal memaparkan bahwa HIMAMI akan selalu mensinergikan potensi sumber daya manusia para alumni Maroko salah satunya dengan cara menerbitkan karya-karya ilmiah alumni Maroko melalui Penerbit HIMAMI, sebagaimana yang diketahui HIMAMI memiliki lebih dari 30 alumni doktor dan magister yang tersebar di institusi-institusi pendidikan Indonesia. Tidak hanya aktivitas akademis, Ilyas Marwal juga menginisiasi pembentukan lembaga-lembaga perekonomian dan unit usaha yang dapat memajukan eksistensi dan kiprah HIMAMI di masa yang akan datang.

Diakhir acara syi’ar “HIMAMI Diyalna” (HIMAMI milik kita) digaungkan oleh Ketua baru bagi seluruh alumni Maroko agar menumbuhkan sence of belonging (rasa kepemilikan) terhadap organisasi yang baru berusia 10 tahun ini dengan memaksimalkan kiprahnya bagi masyarakat demi memajukan NKRI yang nasionalis agamis dan persatuan umat di Indonesia. Acara ditutup dengan agenda foto bersama dan santapan khas Maroko yang membuat nostalgia semakin hangat dan bersahabat. (Sekretaris HIMAMI)

SUSUNAN PENGURUS HIMAMI
MASA KHIDMAT 2019 – 2022

Dewan Penasehat :
DR. Tb. Ade Asnawi, DESS
Prof. DR. Mohammed Rougi
Prof. DR. Amany Lubis,MA
Duta Besar Kerajaan Maroko Untuk Indonesia
Mostafa Nakhlaoui
Dubes DR. Boer Mauna
Dubes Drs. Iskandar Dinata
Dubes Sjachwien Adenan
Dubes Drs. Tosari Widjaja
Dubes E. D. Syarief Syamsuri
Dubes Drs. Hasrul Azwar, MM
Letkol CHB I Wayan Arta
DR. Eka Putra Wirman, MA
DR. Nasrullah Jasam, MA
DR. Subhan Acim, MA
Badru Kamal, MA

Majlis Pembina :
Ketua : DR. Torkis Lubis, DESS
Anggota :
DR Cecep Ahmad Jamaludin, Ms.J
DR. Ahmed Ridho, DESA
DR. Yusuf Siddiq, MA
Willy Octaviano, MA

Pengurus Eksekutif
Ketua Umum : DR. llyas Marwal, MA
Ketua I : DR Arif Rahman, MA
Ketua II : DR. Sounia Rabhi, M.Pd

Sekretaris Jenderal : Husnul Amal, MA
Sekretaris I : Kuntoro Shobirin,MA
Sekretaris II : Ahmad Luqman Hakim, MA

Penulis: Himami

Himpunan Alumni Maroko di Indonesia (HIMAMI) adalah organisasi yang menaungi para alumni Maroko sebagai wadah silaturahim dan jejaring.